BLC

WIRASWASTA KUNCI BERSAING DI ERA GLOBALISASI

Created:

Setelah satu bulan lamanya melaksanakan kewajiban bepuasa, hari ini umat islam merayakan kemenangannya. Bupati Sragen Untung Wiyono, melaksanakan Sholat Idul Fitri di jalan Raya Sukowati depan kantor Setda Kabupaten Sragen Sabtu (13/10). Sholat Idul Fitri dimulai pukul 06.00 wib.

Jalan Raya Sukowati di depan Kantor Setda Sragen yang biasanya ramai dengan kendaraan, pagi ini dipadati dengan ribuan manusia.

Pelaksanaan Sholat Ied dengan Imam KH Facrur Fathoni tersebut diikuti oleh Muspida Sragen beserta ribuan masyarakat sragen. Barisan panjang jamaah Sholat Ied tampak memadati sepanjang jalan Sukowati kurang lebih satu kilometer.

Kakandepag Sragen Drs.H. Suparyo,Mag selaku kothib, dalam isi Kotbahnya mengatakan ada satu hal yang jarang umat teladani pada diri Nabi Muhammad SAW, pribadi beliau sebagai seorang wiraswasta atau entrepreneur yang hebat. Ketika muda, Muhammad adalah seorang bisnisman, ia import barang-barang dari Syam dan dipasarkan di Mekkah, pada saat yang lain ia eksport komoditas yang ada di Mekkah ke negeri Yaman. Dengan pekerjaannya itu, Muhammad muda adalah seorang yang cukup kaya.

Lanjut Suparyo, Jiwa berwiraswasta merupakan kunci untuk dapat bersaing diera globalisasi ini, namun ironisnya jiwa ini sudah luntur dari para generasi muda. Suparyo berharap penanaman ruh berwiraswasta ini pelu dilakukan di lembaga pendidikan di semua jenjang, “Mari kita ceritakan kepada mereka perjuangan hidup para bisnisman yang sukses dan kita kenalkan kepada anak didik tentang nilai-nilai dan praktek ekonomi yang sekarang lagi booming” tutur Suparyo dalam khotbahnya.

Setelah mengikuti Sholat Ied pagi ini, Bupati Sragen menggelar Open House di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati. Acara mulai digelar pukul 08.00 wib. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Sragen Agus Fatchurahman beserta istri dan Muspida. Tampak pula Ketua DPRD Sragen Agus Wardoyo beserta istri.

Open House di Pendopo Sumonegaran tersebut dibuka untuk masyarakat umum. Semua lapisan masyarakat diperbolehkan bersilaturahmi dengan Bupati, Wakil Bupati beserta Muspida dan Ketua DPRD Sragen. Acara tersebut dimanfaatkan betul oleh masyarakat sragen, hal ini tampak dari banyaknya masyarakat yang ikut dalam antrian panjang untuk bersalaman dengan para pejabat tersebut.

Sutaryo (55) salah seorang tamu dalam open house, mengungkapkan ”Saya senang sekali bisa langsung bertemu, bersilaturahmi dan berhalal-bihal dengan Bapak Bupati dan Wakil Bupati, baru pertama kali ini saya mengikuti open house di Pendopo”, kata Sutaryo. Sutaryo adalah warga kecamatan Gondang, ia mendengar acara open house dari radio sewaktu Bupati Sragen menjadi nara sumber dalam acara Dialog Interaktif di RSPL Buana Asri Sragen pada awal Bulan Ramadhan lalu.

Usai bersalam-salaman, para tamu juga di suguhi dengan aneka masakan, mereka bebas memilih dan menyantapnya.

Setelah berlangsung kurang lebih 3 jam, acara open house selesai digelar, Bupati Sragen selanjutnya melanjutkan agenda Lebaran hari ini dengan bersilaturahmi ke Gubernur Jateng Ali Mufiz di Semarang. Berangkat dari Pendopo Sumonegaran kurang lebih jam satu siang. Tampak dalam rombongan tersebut, Sekda beserta istri, seluruh asisten sekda, staf ahli Bupati dan seluruh kepala satker dilingkungan Pemkab Sragen beserta istri.(hart)

Sumber : Bagian Humas